Pertumbuhan bisnis online di Indonesia semakin pesat. Apalagi melihat betapa banyaknya masyarakat yang memiliki dan sanggup menggunakan smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Membeli barang secara online juga semakin diminati karena efisien waktu. Tentu hal ini bisa dilihat sebagai peluang berbisnis online. Jika dilakukan dengan benar, banyak keuntungaan yang bisa didapatkan. Lalu bagaimana cara jualan online bagi para pemula?


Image by mohamed Hassan from Pixabay


Karena dilakukan secara online, maka modal utama untuk memulai adalah perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop dan koneksi internet. Berjualan online juga harus melihat bagaimana karakteristik pasar agar mampu mencapai target dan meraup keuntungan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis online.


Cara Jualan Online Tanpa Modal

1. Menentukan Apa yang Akan Dijual

Memulai bisnis atau jualan secara online bisa dengan menentukan apa yang akan dijual. Ada yang menjual barang atau benda ada juga yang memilih menjual atau menawarkan jasa. Misalnya saja barang yang akan dijual adalah baju, peralatan rumah tangga, kosmetik dan lain sebagainya. Sementara dalam bentuk jasa, Anda bisa menawarkan jasa terjemahan, jasa pengetikan atau jasa pembuatan website. Dalam menentukan pilihan ini terbilang sangat penting agar bisnis bisa bertahan lama dan berkembang.


2. Membangun Pasar

Ketika berbisnis, perlu Anda tahu bahwa pasar bisa diciptakan. Mulailah dengan membangun pondasi media sosial seperti facebook, instagram, twitter ataupun website pribadi. Lakukan pengisian konten secara berkelanjutan agar banyak pengikut yang Anda dapatkan. Dengan banyaknya pengikut, cara jualan online bisa lebih mudah. Menciptakan pasar bisa dengan pembuatan konten yang sesuai dengan karakteristik barang yang Anda jual. Jika ingin menjual produk fashion anak muda, cobalah memberi konten nuansa segar seperti rekomendasi fashion ala selebriti ternama dan sejenisnya.


3. Beri Nilai Tambah

Memberi nilai tambah terhadap bisnis Anda tentu membuatnya unggul dibanding pesaing yang lain. Cara jualan online yang sukses adalah dengan melihat apa yang disukai pasar, melihat kelemahan pesaing dan memberi kualitas yang lebih pada apa yang Anda jual. Utamakan kualitas agar para konsumen tidak kecewa dan puas dengan apa yang Anda tawarkan.


4. Lakukan Evaluasi

Ketika masa awal bisnis, pahami bahwa segala sesuatu bisa terjadi. Jualan Anda bisa sangat ramai pembeli tetapi juga bisa sepi. Sehingga yang harus dipunyai oleh seorang pebisnis adalah mental pemenang. Lakukan evaluasi setelah bisnis berjalan beberapa minggu atau bulan. Cermati apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara jualan online selama ini yang Anda lakukan. Evaluasi bertujuan untuk mencari apa yang kurang dan meningkatkan kualitas baik dari segi barang yang dijual ataupun pelayanan.


5. Bermodal atau Tanpa Modal

Modal memang paling utama yang harus diperhatikan. Tetapi tahukah Anda bahwa cara jualan online sekarang ini juga banyak yang tanpa modal. Sehingga bagi yang tidak memiliki modal pun tetap bisa menjalankan bisnis online. Contohnya, Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropship. Dua sistem ini memang cocok untuk para pemula karena caranya dalam menjalankan bisnis tidak sulit. Anda bisa memilih menjadi reseller untuk menjualkan produk yang dimiliki supplier. Sementara untuk sistem dropship, Anda hanya perlu meneruskan pesanan tanpa harus melakukan proses pengiriman.


Beberapa cara jualan online ini bisa membantu para pemula untuk memulai bisnisnya tanpa harus takut merugi. Apakah bermodal atau tidak, barang atau jasa yang dijual dan bagaimana sistem penjualannya itu sendiri. Saatnya melihat peluang di era teknologi canggih ini dalam mencari keuntungan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

0 komentar untuk 5 Cara Jualan Online Paling Mudah