Setiap perempuan tentu ingin mengalami siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Namun, bagaimana jika hal ini tidak terjadi bahkan Anda mengalami terlambat datang bulan dalam jangka waktu yang lama? Kondisi ini menimbulkan kecemasan karena khawatir mengalami masalah atau penyakit yang tidak disadari. Bagi perempuan yang sudah menikah, kondisi ini mungkin menjadi pertanda kehamilan. Namun, bagi perempuan yang belum menikah, ada satu produk yang bisa membantu untuk mengatasi kondisi ini yaitu jamu telat datang bulan sidomuncul.

Source: Google Image

Ada perempuan yang mengalami telat datang bulan 2 minggu, 3 minggu bahkan berbulan – bulan. Berikut rekomendasi bahan alami yang mudah ditemukan di rumah:

1. Mengatasi Datang Bulan 1 Minggu Hingga 3 Minggu

Selain minum jamu telat datang bulan sidomuncul, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini. Untuk mengatasi telat datang bulan yang terjadi 1 hingga 3 minggu, jahe bisa dimanfaatkan. Caranya yaitu dengan merebus jahe yang dicampur dengan sedikit gula atau madu. Minum rebusan ini secara teratur yang juga bermanfaat untuk meredakan nyeri saat menstruasi.

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan yaitu kunyit. Kunyit memiliki sifat menghangatkan sehingga berguna untuk mengatasi telat datang bulan. Caranya masih sama yaitu dengan merebus kunyit. Kunyit memiliki manfaat untuk mengatur siklus menstruasi dan mengatur keseimbangan hormon karena sifat anti inflamasinya.

2. Mengatasi Datang Bulan 1 Bulan Hingga 4 Bulan

Penyebab telat haid berbulan bulan sangat banyak misalnya seperti keguguran atau persalinan, mengkonsumsi alkohol, stres, bahkan bisa saja ada penyakit tertentu yang mengganggu hormon. Tentu Anda tidak boleh tinggal diam jika sudah mengalami terlambat datang bulan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter agar mengetahui apa yang terjadi.

Obat telat datang bulan di apotik memang banyak sekali dijual. Anda tinggal menceritakan masalah keterlambatan menstruasi, lalu apoteker biasanya akan memberikan rekomendasi obat atau jamu yang bisa Anda minum. Salah satunya yaitu jamu telat datang bulan sidomuncul. Jamu ini terbuat dari bahan – bahan herbal dan alami, sehingga tidak perlu khawatir mengenai efek sampingnya.

Bagi Anda yang ingin membuat sendiri ramuan dari bahan herbal sebagai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan atau bahkan berbulan - bulan, berikut rekomendasinya. Pare merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi terlambat datang bulan. Sebagian besar orang memang tidak suka mengkonsumsi pare. Padahal pare sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan wanita ini. Jika Anda suka jus, buatlah pare menjadi jus dan minum sebanyak 1-2 kali selama setiap hari selama beberapa minggu. Atau, Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan dijadikan sayuran.

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah perempuan satu ini selain dengan mengkonsumsi jamu terlambat datang bulan sidomuncul. Tanaman ini sangat mudah ditemui karena memang banyak ditanam di pekarangan rumah. Caranya yaitu dengan mengambil daging lidah buaya yang masih segar lalu bersihkan. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari selama tiga bulan sebelum sarapan. Siklus menstruasi yang kacau bisa diatasi dengan tanaman ini karena lidah buaya mengandung sifat penyembuhan.

Waktu datang bulan pada setiap perempuan tentu berbeda – beda. Ada yang setiap awal bulan, pertengahan dan di akhir. Sehingga biasanya perempuan akan memiliki jadwal tersendiri mengenai kapan seharusnya menstruasi terjadi. Jika Anda tidak ingin membuat sendiri ramuan herbal di atas, jamu terlambat datang bulan sidomuncul sangat aman dikonsumsi untuk mengatasi kondisi ini karena terbuat dari bahan alami dan herbal yang tidak memiliki efek samping.

Artikel Terkait -